Orang dengan 11 Ciri Fisik Ini Sangat Spesial, Apakah Kamu Termasuk?

Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang spesifik. Tapi tahukah Anda bahwa tubuh juga memiliki ciri-ciri fisik yang unik?

Ciri fisik yang unik ini dimiliki oleh sebagian manusia di muka Bumi ini. Bila kamu tahu, dijamin akan kagum.

Dilansir Brightside.me, berikut adalah ciri-ciri fisik luar biasa yang hanya ditemukan pada sebagian kecil penduduk di dunia.

11. Lidah fleksibel

 

Lidah fleksibel yang bisa menekuk dan menciptakan bentuk unik umumnya panjang dan memiliki otot yang kuat.

Selain karena faktor genetika, lidah fleksibel juga bisa terbentuk oleh lingkungan. Orang India misalnya, dikenal memiliki lidah fleksibel. Para ilmuwan menduga karena kekhasan dalam bahasa mereka.

Fleksibilitas lidah orang bervariasi. Peneliti bahkan melakukan studi khusus mengenai masalah ini. Sekitar 63% peserta yang diuji berhasil melipat lidah mereka menjadi gulungan, 14% berhasil menekuknya menjadi dua, dan kurang dari 1% mampu membentuk lidah mereka seperti tiga pipa.

10. Telinga bergerak

 

Sekitar 22% orang di planet ini mampu menggerakkan salah satu telinga, sementara tidak lebih dari 18% dapat melakukannya keduanya.

Tapi hal itu tidak selalu demikian. Nenek moyang kita pada awalnya sangat mahir membuat segala macam gerakan dengan bagian tubuh mereka.

Hal itu karena otot yang bertanggung jawab untuk menggerakkan telinga pada waktu itu berkembang dengan baik, namun menjadi tidak berguna dalam perjalanan evolusinya.

9. Kemampuan menggoyangkan jari kaki secara terpisah

 

Pada umumnya orang-orang tidak akan bisa menggoyangkan setiap jari kaki secara bergantian. Itu karena hanya jempol kaki dan kelingking kaki yang dilengkapi dengan otot terpisah. Sedangkan sisanya dikendalikan secara massal oleh satu otot.

Kebanyakan orang dapat dengan mudah menggoyangkan jempol kaki mereka, namun hanya sebagian kecil yang bisa melakukannya dengan kelingking jari.

8. Menjilat siku dengan lidah

 

Dipercaya bahwa tidak lebih dari 1% orang di dunia yang memiliki kemampuan ini. Untuk melakukan trik ini, seseorang harus memiliki lengan yang sangat pendek dan lidah yang panjang. Tapi, meski dengan fitur ini, seseorang tetap membutuhkan fleksibilitas dan motivasi yang sangat kuat!

7. Diastema

Diastema adalah celah di antara gigi depan dan ini terjadi pada sekitar 20% populasi manusia. Dari sudut pandang dokter gigi, ini adalah anomali yang memerlukan perawatan medis. Tapi Banyak orang, termasuk selebriti, berpikir bahwa fitur ini menambahkan keunikan pada diri mereka.

6. Kemampuan mengangkat salah satu alis

Kemampuan untuk mengangkat hanya satu alis tergantung pada seberapa baik seseorang dapat mengendalikan otot wajahnya. Menariknya, orang yang lahir dengan fitur ini sering memiliki kemampuan untuk menggerakkan telinga mereka juga. Ilmuwan percaya bahwa manusia purba mampu menggoyangkan alis mereka secara terpisah - seperti cara yang dilakukan beberapa spesies monyet pada masa sekarang ketika mereka dalam bahaya.

5. Lesung pipi

Lesung pipi dimiliki oleh sekitar 25% populasi dunia. Lesung pipi yang dianggap bisa menambah kecantikan atau ketampanan ini sebenarnya adalah cacat pada struktur otot zygomatic, yang bertanggung jawab menciptakan senyuman.

Pada orang dengan lesung pipi, kecil otot tersebut menempel pada tulang. Akibatnya, ketika tersenyum, sebagian pipinya tertarik ke dalam. Lesung pipi terlihat jelas pada orang dengan pipi gemuk karena lemak membuat lekukan lebih terasa.

4. Lubang kecil di atas lubang telinga

Sekitar 5% orang di planet ini lahir dengan lubang kecil di atas satu atau kedua telinganya. Menariknya, di Amerika Serikat, orang-orang semacam itu populasinya kurang dari 1%. Sementara di Asia, sekitar 10 persen bayi baru lahir memiliki fitur ini.

Para ilmuwan belum menemukan jawaban tentang penyebab terbentuknya lubang kecil dan perannya pada tubuh manusia. Namun beberapa orang percaya bahwa lubang itu kemungkinan sisa proses evolusi insang ikan.

3. Ibu jari menekuk ke belakang

Ibu jari bisa menekuk ke belakang hingga 90 derajat adalah fenomena fisiologis yang langka. Kemampuan ini disebut dengan Hitchhiker’s Thumb. Hiperekstensibilitas ini disebabkan oleh adanya gen khusus, yang dikenal sebagai 'gen ibu jari'. Fitur seperti itu diwariskan dan terjadi pada sekitar 25% orang.

2. Tendon yang hilang

Kumpulkan semua jari tangan menjadi satu, dan kencangkan pergelangan tangan. Jika tendon di sisi dalam pergelangan tangan tidak terlihat, maka Anda termasuk salah satu dari 14% orang yang tidak memiliki otot palmar panjang.

Otot ini termasuk bagian tubuh dari masa lalu. Kebutuhan akan otot ini sudah hilang seiring perjalanan evolusi manusia yang panjang. Para ahli mengatakan bahwa tidak adanya otot palmar panjang tidak mempengaruhi kekuatan pegangan atau fungsi lainnya yang ditugaskan ke tangan.

1. Tuberkulum Darwin

Para peneliti evolusi mengatakan bahwa di zaman purba ekstrem, telinga manusia memiliki fungsi yang sama seperti anjing atau kuda, dan begitu juga dengan bentuknya.

Tetapi dengan berjalannya waktu, organ-organ kita berubah sangat banyak, dan beberapa bagian bahkan menghilang total.

Tetapi tuberkulum Darwin tampaknya masih hadir pada 10 persen populasi manusia. Fitur ini mengingatkan pada punuk kecil berbentuk runcing yang terdapat pada tepi telinga beberapa spesies monyet,

Para ilmuwan percaya orang-orang dengan tuberkulum Darwin ini memiliki kemampuan membedakan nada suara yang jauh lebih baik dari kebanyakan.

Orang-orang dengan ujung telinga meruncing ini juga bisa mendengar suara berfrekuensi tinggi dan dengan jelas mengidentifikasi suara tertentu, bahkan di tempat yang bising sekalipun.



loading...

Leave a Comment